LAPORAN
PENELITIAN DATA STATISTIK
“KEGEMARAN MAHASISWA EKONOMI II A”
Dosen
Pengampu : Ria Faulina, M.Si
DI SUSUN
OLEH : Kelompok 9 Ekonomi II A
Halimatus
Sakdiyah
Istiqomah
Abd.
Azis
Alianto
TAHUN AJARAN
2016/2017
STKIP PGRI
BANGKALAN
BAB
1
STUDI
KASUS
Pada penelitian ini kelompok kami telah
melakukan observasi atau terjun langsung ke lapangan untuk menganalisis serta
mengambil data-data yang sekiranya dapat kami jadikan bahan penelitian. Dari
sekian banyak data yang dapat di jadikan penelitian kami memilih “KEGEMARAN” dari sejumlah Mahasiswa Ekonomi II A sebanyak 44 Mahasiswa untuk
dijadikan bahan pembuatan laporan penelitian statistik. Data yang kami ambil
bersifat kualitatif data yang yang hanya dapat di simpulkan atau tidak berupa
angka.
Berikut
data penyajiannya :
No
|
Nama
|
Kegemaran
|
1
|
HOSRI’AH
|
Membaca
|
2
|
ELISA
|
Membaca
|
3
|
ISTIQOMAH
|
Membaca
|
4
|
DEWI UMMUL FATIMA
|
Membaca
|
5
|
FAHRUDDIN
|
Membaca
|
6
|
FATIMATUS ZAHRO B
|
Membaca
|
7
|
HIDAYATUS SOFIA
|
Petualang
|
8
|
HOMSIAH
|
Petualang
|
9
|
KIPTIYAH
|
Petualang
|
10
|
DEWI MEINITA
|
Petualang
|
11
|
HALIMATUS SAKDIYAH
|
Bulu tangkis
|
12
|
JAILANI
|
Sepak Bola
|
13
|
FAHRI
|
Sepak Bola
|
14
|
ILYAS PURNOMO
|
Sepak Bola
|
15
|
ADI IMAM
|
Sepak Bola
|
16
|
AHMAT FAUSI
|
Sepak Bola
|
17
|
ACHMAD SUKRON
|
Sepak Bola
|
18
|
HARDIYANTO AFFANDI
|
Sepak Bola
|
19
|
DEWI RAHMAWATI
|
Sepak Bola
|
20
|
MANSUR
|
Sepak Bola
|
21
|
HUSNUL MUBAROK
|
Sepak Bola
|
22
|
HENDRY KAMARUDDIN
|
Sepak Bola
|
23
|
DEDY KADARISMAN
|
Kicau Mania
|
24
|
CHYNTIA YUNIASTUTI ALI
|
Mendengarkan Musik
|
25
|
FATIMATUS ZAHRO A
|
Mendengarkan Musik
|
26
|
EVI SURYANI
|
Mendengarkan Musik
|
27
|
AYU KURIAWATI
|
Menulis
|
28
|
FARIHAH
|
Menulis
|
29
|
KARLINA
|
Menulis
|
30
|
AISYATUR ROBIAH
|
Menari
|
31
|
FATIMATUL FEBRIANA
|
Berenang
|
32
|
GITA FITRIANI
|
Berenang
|
33
|
ERNAWATI
|
Basket
|
34
|
ABD. WAHID
|
Basket
|
35
|
FAHMI AZIZ
|
Mengaji
|
36
|
ENDANG MAIMUNA
|
Silat
|
37
|
ALIANTO
|
Belajar
|
38
|
ABD. GHOFFAR
|
Volly
|
39
|
HARYANTO ALDI HASYIM
|
Bilyat
|
40
|
EKA NUR SAFITRI
|
Bernyanyi
|
41
|
MOH. NUR ZAKKI
|
bernyanyi
|
42
|
MOH. SAYADI
|
Lari
|
43
|
ACHMAD ALIF SANUSI
|
Sepak Bola
|
44
|
ABD. AZIZ
|
Lari
|
Dengan demikian dapat di simpulkan dari
data diatas bahwasannya banyak sekali jenis kegemaran yang ada di kelas Ekonomi
II A. Namun dari sekian banyak jenis kegemaran mulai dari gemar Membaca,
menulis, mengaji, bermain sepak bola bahkan ada yang gemar berbisnis burung
kicau, kegemaran bermain sepak bolalah yang paling banyak di gemari dikelas
Ekonomi II A sekitar 27% dari 44 Mahasiswa.
BAB
II
TINJAUAN
PUSTAKA
A.
Frekuensi
Frekuensi
atau frequency
berarti “kekerapan”, “keseringan”. Dalam statistik Frekuensi mengandug
artian “Angka bilangan yang menunjukka seberapa kali suatu vriabel (yang di
lambangkan dengan agka-angka itu) berulang dalam deretan angka tersebut atau
berapa kalikah suatu variabel (yang di lambangkan dengan angka itu) muncul
dalam deretan angka tersebut.
Contoh : Nilai yang berhasil di capai
10 orang siswa SMA dalam tes hasil belajar bidang studi Ilmu Pengetahuan Alam
adalah:
60 50 75 60 80 40 60 70 100 75
Jika
kita amati, maka dalam deretan nilai hasil tes tersebut, nilai 60 muncul sebanyak 3 kali. Maka disini dapat kita katakana
bahwa nilai 60 itu berfrekuensi .
Nilai
70 hanya muncul sebanyak 1 kali, ini berarti bahwa nilai 70 berfrekuensi .
Nilai
75 dicapai oleh 2 orang siswa, disini kita katakana bahwa nilai 75 berfrekuensi
2. Demikianlah seterusnya. (Prof. Drs. Anas Sudijono 1987: hal. 36)
B. Diagram Lingkaran
Penyajian
data dalam bentuk diagram lingkaran didasarkan pada pembagian sebuah lingkaran
dalam beberapa bagian sesuai dengan jenis data yang akan di sajikan.
Selanjutnya, tiap-tiap bagian diberi keterangan sesuai dengan jenis data yang
di sajikan. (Drs. Subana, M.Pd. –Drs. Moersetyo Rahadi – Sudjarat, S.Pd :hal.55-56)
C. Modus
Modus
adalah nilai data yang paling sering muncul atau nilai data yang frekuensinya
paling besar. Data yang belum di kelompokkan bisa memiliki satu, dua atau
mungkin tidak mempunyai modus. Data yang memiliki satu modus disebut Monomodus,
sedangkan data yang memiliki dua modus disebut Bimodus. (Drs. Subana, M.Pd.
–Drs. Moersetyo Rahadi – Sudjarat, S.Pd :hal. 73)
BAB
III
HASIL
ANALISIS DATA
A.
Tabel
Frekuensi Kegemaran
No
|
Hobi
|
Turus
|
Frekuensi
|
1
|
Membaca
|
|
6
|
2
|
Petualang
|
IIII
|
4
|
3
|
Bulu Tangkis
|
I
|
1
|
4
|
Sepak Bola
|
|
12
|
5
|
Kicau Mania
|
I
|
1
|
6
|
Mendengarkan Musik
|
III
|
3
|
7
|
Menulis
|
III
|
3
|
8
|
Menari
|
I
|
1
|
9
|
Berenang
|
II
|
2
|
10
|
Basket
|
II
|
2
|
11
|
Mengaji
|
I
|
1
|
12
|
Silat
|
I
|
1
|
13
|
Belajar
|
I
|
1
|
14
|
Volly
|
I
|
1
|
15
|
Bilyat
|
I
|
1
|
16
|
Nyayi
|
II
|
2
|
17
|
Lari
|
II
|
2
|
Jumlah
|
44
|
B.
Diagram
Lingkaran Dari Informasi Diatas Dibuat Sebagai Berikut :
1. Membaca
= 6 / 44 x100% = 13,6 %
Diagram
dengan sudut pusat = 13,6 / 100% x 3600 = 48,90
2. Petualang
= 4/44 x 100% = 9,09 %
Diagram
dengan sudut pusat = 9,09 / 100 x 3600= 32,70
3. Bulu
Tangkis = 1/44 x 100% = 2,27%
Diagram
dengan sudut pusat = 2,27/100 x 3600 = 8,170
4. Sepak
Bola = 12/44 x 100% = 27,2%
Diagram
dengan sudut pusat = 29,5/100 x 3600 = 97,920
5. Kicau
mania = 1/44 x 100% = 2,27 %
Diagram
dengan sudut pusat = 2,27/100 x 3600 = 8,170
6. Mendengarkan
Musik = 3/44 x 100% = 6,81%
Diagram
dengan sudut pusat = 6,81/100 x 3600 = 24,50
7. Menulis
= 3/44 x 100% = 6,81%
Diagram
dengan sudut pusat = 24,5/100 x 3600 = 24,50
8. Menari
= 1/44 x 100% = 2,27%
Diagram
dengan sudut pusat = 2,27/100 x 3600 = 8,170
9. Berenang
= 2/44 x 100% = 4,54 %
Diagram
dengan sudut pusat = 4,54/100 x 3600 = 16, 30
10. Basket
= 2/44 x 100% = 4,54%
Diagram
dengan sudut pusat = 2,27/100 x 3600 = 16,30
11. Mengaji
= 1/44 x 100% = 2,27%
Diagram
dengan sudut pusat = 2,27/100 x 3600 = 8,170
12. Silat
= 1/44 x 100% = 2,27%
Diagram
dengan sudut pusat = 2,27/100 x 3600 = 8,170
13. Belajar
= 1/44 x 100% = 2,27%
Diagram
dengan sudut pusat = 2,27/100 x 3600 = 8,170
14. Volly
= 1/44 x 100% = 2,27%
Diagram
dengan sudut pusat = 2,27/100 x 3600 = 8,170
15. Bilyat
= 1/44 x 100% = 2,27%
Diagram
dengan sudut pusat = 2,27/100 x 3600 = 8,170
16. Nyanyi
= 2/44 x 100% = 4,54%
Diagram
dengan sudut pusat = 4,54/100 x 3600 = 16,30
17. Lari
= 2/44 x 100% = 4,54%
Diagram
dengan sudut pusat = 4,54/100 x 3600 = 16,30
Diagram lingkarannya tampak pada gambar di bawah :
C.
Modus
Setelah
diurutkan diperoleh :
1,
1, 1, 1, 1,1 1, 1, 2, 2, 2, 2, 3, 3, 4,
6, 12
Modus
(Mo) = 1
Jadi
nilai yang sering muncul pada data tabel kegemaran adalah 1 (Satu).
BAB
IV
DAFTAR
PUSTAKA
Subana
& Rahadi, Moersetyo.DKK.2000.Statistik
Pendidikan.Bandung: Pustaka Setia
Sudijono,
Anas. 1987. Pengantar Statistik Pendidika.Jakarta:
PT. Raja Grafindo Persada
Tidak ada komentar:
Posting Komentar